Social Icons

Pages

Monday, February 2, 2015

Cara Membuat Multi Window Pada Layar HP Android

RavLoVantz.Blogspot.com -Ok, kali ini perkenankan saya mengulas tentang cara memaksimalkan fungsi HP supaya lebih efektif. Nah, sebetulnya sebelum beli HP Lenovo A800 ini, saya ngincer banget HP yang layarnya gede dan bisa real multitasting (artinya ga hanya dobel kerjanya, tapi juga dobel visualnya). HP inceran saya adalah LG G2 dengan kemampuan QSlide-nya. Dengan QSlide, HP ini bisa menampilkan dua window pada screennya.




 Contohnya pada gambar di bawah ini.

Selain LG G2, ada juga tuh HP Acer Liquid S1 dengan kemampuan Fload UI-nya. Fungsinya sama saja, tapi terbatas pada 4 aplikasi.

Nah, apa daya keinginan tidak sesuai dengan kemampuan (Keuangan Bro... ). Jadinya ya gini, dapetnya Lenovo A800. Tapi ga papa, akhirnya setelah sekian waktu, saya mendapatkan jawaban agar HP ini ga ketinggalan banget, dan terlebih agar keinginan saya terkabul.

Jadilah saya menemukan aplikasi Xmultiwindow, yang merupakan sebuah module dari aplikasi Xposed (aplikasi buat utak-atik penampilan rom secara gampang). So, pertama saya langsung download dan instal Xposed.apk dari forum xda.

Begitu dibuka, tinggal dibaca petunjukknya. Saya instal dulu frameworknya agar module yang saya download nanti bisa berjalan.
lalu direboot.

Setelah reboot, buka lagi xposed installer dan jangan lupa, klik setting dan centang bagian download.

Setelah itu klik download dan disana disediakan banyak sekali module gratis. Jangan keranjingan ya Bro... Pilih aja yang penting dan sesuai dengan software HP kita. Kalau ga mau pusing nyarinya, pakai search dan ketik xmultiwindow.
Segera download sekalian diinstal...

Nah, setelah diinstal, back, klik modules dan centang module xmultiwindow agar bisa berjalan nantinya.

Selesai deh urusan dengan xposed installernya. Yuk keluar, dan cari aplikasi xmultiwindow-nya di daftar aplications agar bisa disetting.

Setelah ketemu, buka lalu diatas ada instrutions yang akan membantu. Jika bingung, klik aja open SideBar untuk mengaktifkan.

Lalu klik SideBar Setting.
Disitu kita bisa setting lebar SideBarnya, lalu klik SideBar App Settings untuk menambahkan aplikasi apa aja yang ingin kita multiwindowkan...

Dan test aja Bro! Cara kerjanya, geser ke kanan tepi layar HP sebelah kiri, maka akan muncul sidebar yang berisi aplikasi yang kita tambahkan tadi. 
Klik salah satu aplikasi, maka akan diberi pilihan, mau ditampilkan di layar bagian atas atau bawah. 
Klik satu aplikasi lagi, maka layar akan terbagi menjadi dua window. Aplikasinya juga bebas... 
Maka lebih hebat dari LG G2 dan Acer Liquid S1 tadi kan?

Oh iya, untuk ngilangin sidebarnya, geser lagi ke kanan tepi layar HP sebelah kiri tadi. Jika kita ingin membuka sebuah aplikasi dalam multiwindow, maka kita harus klik dari jendela sidebar. Jika ingin membuka sebuah aplikasi dalam layar full, maka jangan klik dari sidebar.

1 comment:

  1. Bang koq di saya ga bisa ya apa karna ramnya 1gb jf ga bs dy ada yg tampil full ada jg yg bs stengah tp ga bs bareng gantian klo sy buka untuk yg atas mlh yg bawah ilang

    ReplyDelete

 
Blogger Templates