Social Icons

Pages

Thursday, December 4, 2014

Cara Membuat Status Bar dan Navigation Bar Android Menjadi Transparan Dengan GravityBox(ROOT)

RavLoVantz.Blogspot.com -KitKat hadir dengan tampilan baru dan yang paling disoroti adalah status dan nav bar yang transparan, mungkin bagi sebagian orang ini nggak terlalu penting. Buat apa juga kalo jadi transparan? Ya, suka-suka yang pakai sih, sekedar pengen pakai tampilan yang beda dengan yang biasanya, itu kan hal yang biasa sekali di Android. Kabar baiknya, Android mengijinkan para developer untuk mengubah semua bagian, termasuk status dan nav bar.

Eh, siapa tau ada yang belum tau apa itu status bar dan nav bar. Status bar adalah panel di bagian atas yang buat menampilkan jam, sinyal, wifi, dan segala notifikasi. Sedangkan nav bar itu yang buat memasang tombol back, home, recent apps, dan sebagainya, letaknya di bagian bawah.
Kembali lagi, karena Android sangat terbuka, maka ada developer yang bikin aplikasi untuk mengubah bagian-bagian tertentu, salah duanya adalah status bar dan nav bar. Nama aplikasinya Xposed Framework trus di dalamnya ada module bernama GravityBox, module inilah yang mampu mengubah status bar dan nav bar jadi transparan.
Cara instalasinya mudah, pastikan Android kamu sudah di-root, lalu install Xposed Framework (link download), setelah itu buka aplikasinya dan install frameworknya lewat menu Framework, kalo sudah selesai silakan reboot Androidnya.
gravitybox-1
Setelah Frameworknya beres, sekarang tinggal install module-nya, pilih menu Download dan cari “GravityBox”, sesuaikan dengan versi Android kamu ya, soalnya beda antara yang buat Jelly Bean dan KitKat. Kalo sudah ketemu pilih download dan install module-nya.
gravitybox-2
Buka menu Modules lalu aktifkan GravityBox, trus reboot Androidnya.
gravitybox-3
Sekarang kamu bisa buka GravityBox-nya lewat app drawer dan atur status dan nav bar jadi transparan. Langkah terakhir, reboot Android.
gravitybox-4
Hasilnya..
gravitybox-5
Terima Kasih Semoga Bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates